ANALISIS KEPADATAN PENGHUNI, LUAS LANTAI DAN LUAS VENTILASI TERHADAP SUHU DAN KELEMBABAN DI RUMAH KOS PUTRI KAJOR, NOGOTIRTO, GAMPING, SLEMAN, DIY

Nur Hasanah, achmad husein, sigid sudaryanto

Abstract


Kamar kos harus memenuhi persyaratan luas atau ukuran kamar, jumlah penghuni, luas ventilasi, serta suhu dan kelembaban, sesuai dengan baku mutu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepadatan penghuni, luas lantai dan luas ventilasi terhadap suhu dan kelembaban di rumah kos Putri Kajor yang berada di Nogotirto, Gamping, Sleman. Jenis penelitian yang dilakukan adalah survei dengan menggunakan desain cross sectional, yang hasilnya dianalisis secara deskriptif dan analitik. Jumlah kamar yang diteliti sebanyak 52 buah. Pengukuran kepadatan, luas lantai dan luas ventilasi menggunakan meteran, sementara pengukuran suhu dan kelembaban menggunakan termohigrometer. Secara deskriptif, hasil penelitian menunjukkan bahwa kamar yang memenuhi syarat kepadatan penghuni 5 buah (9,6 %), memenuhi syarat luas lantai 5 buah (9,6 %), memenuhi syarat luas ventilasi 49 kamar (94,2 %), memenuhi syarat suhu 52 buah (100 %), dan tidak ada yang memenuhi syarat kelembaban. Hasil analisis statistik pada taraf signifikan 5 % meyimpulkan bahwa kepadatan penghuni, luas lantai dan luas ventilasi berpengaruh terhadap suhu (nilai p = 0,019), namun tidak berpengaruh terhadap kelembaban (nilai p = 0,513).


Keywords


kepadatan penghuni; luas lantai; luas ventilasi; suhu ruang; kelembaban ruang

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Provinsi D. I. Yogyakarta, 2014. Jumlah Mahasiswa di Perguruan Tinggi Swasta dan Negeri (diunduh 1 Desember 2015 dari http://yogyakarta.bps.go.id/website/pdf_publikasi/Statistik-Daerah-Istimewa-Yogyakarta-2014.pdf).

Mulianto, P., dkk. 2011. 21 Desain Rumah Kos, Griya Kreasi, Depok. 3. Kepmenkes R. I. No. 829/Menkes/SK/VII/1999 tentang Persyaratan Kesehatan Perumahan dan Lingkungan, Depkes RI, Jakarta.

Sarudji, D., 2010. Kesehatan Lingkungan, Karya Putra Darwati, Bandung.

Kepmenkes RI No. 1077/Menkes/Per/V/2011 tentang Pedoman PenyehatanUdara dalam Ruang Rumah,Depkes RI, Jakarta.

Muchlis, 2014. Pengaruh Thermal dalam Ruangan Perpustakaan terhadap Kondisi Buku dan Kenyamanan Pembaca (diunduh 5 Februari 2016 dari http://perpusnas.go.id/iFileDownloadttachment%5CmajalahOnline%5CMuchlis_Pengaruh_Termal.pdf).

Surowiyono, Tutu, T. W., 2004. Merawat dan Memperbaiki Rumah Anda, Restu Agung, Jakarta.

Notoatmodjo, S., 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku, Rineka Cipta, Jakarta.

Keman, S., 2006. Kesehatan Perumahan dan Lingkungan Pemukiman (diunduh 2 Februari 2016 dari id/filer PDF/KESLING-2-1-04.pdf).

Gunawan, R., 2009. Rencana Rumah Sehat., Kanisius, Yogyakarta.

Notoatmodjo, S., 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku, Rineka Cipta, Jakarta.

Isnaeni, D. N., 2013. Hubungan Kepadatan Penghuni, Luas Ventilasi dan Intensitas Cahaya dengan Kejadian Penyakit ISPA pada Rumah Warga di Kelurahan Pringgokusuman Gedongtengen Yogyakarta Tahun 2013, Karya Tulis Ilmiah Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes KemenkesYogyakarta, tidak diterbitkan.




DOI: http://dx.doi.org/10.29238/sanitasi.v8i4.70

Article Metrics

Abstract view : 228 times
PDF - 209 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Sanitasi: Jurnal Kesehatan Lingkungan indexed by:
 

 

 

 

View My Stats
 Creative Commons License
Sanitasi: Jurnal Kesehehatan Lingkungan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.