ANALISIS STATUS ERGONOMI POSISI KERJA DAN KELELAHAN KERJA PADA TENAGA KERJA DI CV. SINAR ALBASIA UTAMA KALASAN, SLEMAN, PROVINSI D. I. YOGYAKARTA

Tyastiana Arbianisa, Agus Suwarni, Muryoto Muryoto

Abstract


Setiap tahun ada lebih dari 250 juta kecelakaan di tempat kerja. Terlebih lagi, sebanyak 1,2 juta pekerja meninggal akibat kecelakaan dan sakit di tempat kerja. Tenaga kerja yang tidak me-lakukan pekerjaannya secara ergonomis dapat memperoleh berbagai macam akibat, salah satunya kelelahan kerja. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara status ergo-nomi posisi kerja dengan kelelahan tenaga kerja di CV Sinar Albasia Utama, di Kalasan, Sle-man, Yogyakarta. Jenis penelitian yang dilakukan adalah survei dengan rancangan cross secti-onal. Populasi meliputi seluruh pekerja di bagian produksi yang bekerja dengan posisi berdiri dengan menggunakan landasan kerja yaitu sebanyak 289 tenaga kerja. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar kuesioner penilaian kelelahan kerja. Berdasarkan hasil tabulasi silang hubungan antara status ergonomi posisi kerja dengan kelelahan kerja de-ngan uji chi-square pada tingkat kepercayaan 95 % dan tingkat kesalahan (α) 0,05 diketahui bahwa terdapat hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat dengan nilai p 0,009. Ke-simpulan dari penelitian ini adalah status ergonomi posisi kerja berhubungan dengan kelelahan tenaga kerja di CV Sinar Albasia Utama. Kepada pemilik industri disarankan agar landasan kerja perlu disetel ulang ketinggiannya dan diberi kursi agar tenaga kerja dapat beristirahat da-lam posisi kerja yang terus berdiri. Adapun bagi tenaga kerja, saran yang diberikan adalah agar membiasakan diri untuk melakukan peregangan otot di sela pekerjaan ataupun pada saat isti-rahat dan mempergunakan waktu istirahat yang diberikan dengan baik.

Keywords


ergonomi; posisi kerja; kelelahan kerja

Full Text:

PDF

References


Kurniawidjaja, A., & Meily, L., 2010. Teori dan Aplikasi Kesehatan Kerja, Penerbit Universitas Indonesia, Jakar-ta.

International Labor Organization (ILO), 2013. Keselamatan dan Kese-hatan Kerja Sarana untuk Produktivi-tas.

Suma’mur, P. K., 2009. Higiene Pe-rusahaan dan Kesehatan Kerja, CV Sagung Seto, Jakarta.

Ariani, F.,. 2010. Analisis postur kerja dalam sistem manusia mesin untuk mengurangi fatigue akibat kerja pada bagian Air Traffic Control (ATC) di PT. Angkasa Pura II Polonia Medan, Jur-nal Dinamis, 2 (6): hal 42-56 (http:// portalgaruda.org/index.php?ref=browse&mod=viewarticle&article=59136, diunduh 29 Januari 2015).

Saryono, 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan, Penuntun Praktis bagi Pemula, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Budiono, S., 2000. Bunga Rampai Hiperkes dan Keselamatan Kerja, BP Universitas Diponegoro, Semarang.

Suma’mur, P. K., 1996. Higiene Peru-sahaan dan Keselamatan Kerja, Gu-nung Agung, Jakarta.

Wignjosoebroto, S., 2003. Ergonomi Studi Gerak dan Waktu, Guna Widya Surabaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.29238/sanitasi.v7i4.51

Article Metrics

Abstract view : 264 times
PDF - 596 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Sanitasi: Jurnal Kesehatan Lingkungan indexed by:
 

 

 

 

View My Stats
 Creative Commons License
Sanitasi: Jurnal Kesehehatan Lingkungan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.