PEMANFAATAN LIMBAH PEPAYA (Carica papaya L) DAN TOMAT (Solanum lycopersicum L) UNTUK MEMPERCEPAT PENGOMPOSAN SAMPAH ORGANIK

Aji Baharudin, Adib Suyanto, Sigid Sudaryanto

Abstract


Salah satu penanganan sampah organik adalah memaanfaatkannya menjadi bahan baku kom-pos. Dalam penelitian ini, untuk mempercepat waktu pengomposan,digunakan limbah pepaya dan limbah tomat sebagai inokulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis inokulan yang lebih efektif di antara dua jenis limbah buah tersebut, melalui eksperimen yang mengguna-kan rancangan post test only group. Obyek penelitian adalah sampah organik yang berasal dari halaman Asrama I Poltekkes Kemenkes Yogyakarta sebanyak 60 kg yang diperoleh dengan me-toda integrated sampling, sedangkan sampah limbah pepaya dan tomat sebanyak 2 kg yang di-peroleh dari Pasar Serangan, diambil dengan metoda purposive sampling. Berdasarkan indika-tor kompos matang, dari lima kali ulangan, rata-rata waktu terbentuknya kompos pada kelompok perlakuan dengan inokulan limbah pepaya adalah selama 32,3 hari dan inokulan limbah tomat selama 31,7 hari. Hasil uji statistik dengan t-test bebas memperoleh nilai p < 0,001 yang berarti bahwa perbedaan lama waktu pengomposan antara kedua inokulan tersebut memang bermak-na. Dapat disimpulkan bahwa limbah tomat lebih efektif dan cepat dibandingkan dengan limbah pepaya dalam mempercepat proses pengomposan.


Full Text:

FULL TEXT PDF

References


Azwar, A., 1990. Pengantar Ilmu Ke-sehatan Lingkungan, Mutiara Sum-ber Widya, Jakarta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor: 18 Tahun 2008 tentang Pe-ngolahan Sampah.

Subandriyo, Didi, D. A., dan Hadi-yanto, 2012. Optimasi pengomposan sampah organik rumah tangga me-nggunakan kombinasi aktivator EM-4 dan mol terhadap rasio C/N, Jurnal Ilmu Lingkungan, 10 (2): hal. 70-75.

Sulistyorini, L. 2005. Pengelolaan sampah dengan cara menjadikannya kompos, Jurnal Kesehatan Lingkung-an, 2: hal. 77 – 84.

Indriyani, H., Yovita, 2011. Membuat Kompos Secara Kilat, Penebar Swa-daya, Jakarta.

Alex, S. 2011. Sampah Organik Men-jadi Pupuk Organik, Pustaka Baru Press, Yogyakarta.

Nurhidayat, 2009. Pengolahan Lim-bah Padat Organik, Kanisius Jakarta.

Sofyan, dkk. 2007. Pemanfaatan lim-bah tomat sebagai pengganti EM4, Jurnal Penelitian Sains dan Tekno-logi, 8 (2): hal. 119-143.

SNI 19-7030-2004. Ditjen Cipta Kar-ya. Departemen PU.

Djaja, 2008). Langkah Jitu Membuat Kompos dari Kotoran & Sampah, Ag-romedia Pustaka. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29238/sanitasi.v8i2.5

Article Metrics

Abstract view : 636 times
FULL TEXT PDF - 461 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Sanitasi: Jurnal Kesehatan Lingkungan indexed by:
 

 

 
  

 

View My Stats
 Creative Commons License
Sanitasi: Jurnal Kesehehatan Lingkungan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.