PEMANFAATAN LIMBAH KONSUMSI IKAN DARI WARUNG LESEHAN DAN WARUNG SEA FOOD UNTUK PENGGANTI SEBAGIAN PAKAN AYAM BROILER

Pepy Martha Agyani, Tuntas Bagyono, Adib Suyanto

Abstract


Limbah merupakan materi atau zat, baik yang bersifat organik maupun anorganik yang dihasil-kan dari setiap aktivitas manusia. Alternatif lain untuk mengelola sampah organik selain sebagai kompos, adalah dijadikan sebagai bahan campuran untuk pakan ternak. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan tepung limbah konsumsi ikan terhadap berat badan ayam broiler. Pakan dibuat sendiri oleh peneliti, yaitu dengan komposisi 28 % tepung limbah konsumsi ikan, 24 % ampas tahu, dan 48 % dedak padi. Dengan proporsi tersebut, pro-tein yang terkandung di dalam pakan tersebut adalah sebesar 24 %. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pre-test post-test with control group, dimana sebagai pembanding adalah pa-kan BR1 yang tersedia di pasaran. Jumlah ayam percobaan adalah 20 ekor untuk masing-ma-sing kelompok penelitian. Variabel terikat yang diukur adalah persentase penambahan berat ba-dan ayam setelah tiga minggu diberikan pakan. Data hasil pengukuran menemukan bahwa rata-rata peningkatan berat badan ayam adalah 95,73 % pada kelompok kontrol, dan 95,99 % pada kelompok perlakuan. Hasil analisis dengan uji Wilxocon pada derajat kepercayaan 95 % me-nyimpulkan bahwa perbedaan peningkatan berat tersebut signifikan (nilai p = 0,002). Berdasar-kan hasil penelitian ini, kepada masyarakat khususnya para peternak ayam broiler, disarankan untuk memilih bahan pakan yang mengandung protein tinggi namun harganya tidak mahal, mu-dah diperoleh dan mudah dikelola, sebagaimana yang digunakan dalam penelitian ini.

Keywords


ayam broiler; pakan ayam; limbah ikan; protein pakan

References


Suprapto, 2005. Dampak Masalah Sampah terhadap Kesehatan Masyarakat, 1 (2).

Kuncoro, S., 2013. Pengelolaan Sampah Terpadu, Kanisius, Yogyakar-ta.

Fadilah, R., 2013. Beternak Ayam Broiler, AgroMedia Pustaka, Jakarta Selatan.

Wahyuni, S. H. S., 2011. Efek Ran-sum Mengandung Dedak Padi Fer-mentasi oleh Aspergillus ficuum ter-hadap Kualitas Telur Ayam (Effect of Ration Containing Fermented Rice Bran by Aspergillus ficuum on Chic-kens Egg Quality), 11 (1).

Handarsari, E., 2010. Eksperimen Pembuatan Sugar Pastry dengan Substitusi Tepung Ampas Tahu, 1 (1).

Notoatmodjo, S., 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan, Rineka Cipta Jakarta.

Dwiloka, B., 2014. Efisiensi Penggu-naan Protein pada Ayam Broiler de-ngan Pemberian Pakan Mengandung Tepung Daun Kayambang, 14 (2).

Sudiyono, 2014. Pengaruh Penggu-naan Ampas Kecap dalam Pakan terhadap Pertambahan Berat Badan Harian, Konversi Pakan, Rasio Efi-siensi Protein, dan Produksi Karkas Itik Lokal Jantan Umur Delapan Minggu, 38 (3).

Tamalluddin, F., 2014. Panduan Le-ngkap Ayam Broiler. Penebar Swa-daya, Jakarta Timur.

Setianto, J., 2009. Program Penca-hayaan untuk Ayam Pedaging, 3 (1).




DOI: http://dx.doi.org/10.29238/sanitasi.v7i4.48

Article Metrics

Abstract view : 103 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Sanitasi: Jurnal Kesehatan Lingkungan indexed by:
 

 

 

 

View My Stats
 Creative Commons License
Sanitasi: Jurnal Kesehehatan Lingkungan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.