Kajian Efektivitas Tanaman Sansevieria Trifasciata dalam Mereduksi Konsentrasi Gas Carbon Monoxide (CO) di Jalan Raya Kabupaten Ponorogo

Eka Rosanti, Ratih Andhika Akbar Rahma

Abstract


Meningkatnya jumlah kendaraan bermotor di Kabupaten Ponorogo dapat menyebabkan pe-nurunan kualitas udara akibat emisi polutan dari hasil pembakaran bahan bakar, yaitu gas carbon monoxide (CO). Sebagai upaya menjaga kualitas udara maka perlu dilakukan pengen-dalian, salah satunya adalah dengan melakukan penanaman Sansevieria Trifasciata yang me-ngandung pregnane glycoside yang mampu menyerap 107 jenis unsur berbahaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas tanaman Sansevieria Trifasciata dalam me-reduksi konsentrasi gas CO di Jalan raya di Kabupaten Ponorogo. Jenis penelitian yang di-lakukan adalah analitik dengan menggunakan desain studi eksperimen. Lokasi penelitian ada-lah di Jalan Sultan Agung, Jalan K. H. Ahmad Dahlan, Jala Urip Sumoharjo Timur, Jalan Urip Sumoharjo Barat dan Jalan Diponegoro. Penanaman dilakukan pada jarak setiap dua meter dan treatment dilakukan dalam waktu dua minggu. Pada penelitian ini juga dilakukan pengukur-an terhadap beberapa faktor lingkungan, yaitu suhu, kelembaban dan kecepatan angin untuk mengetahui homogenitas data. Uji statistik yang digunakan adalah paired sample t-test untuk mengetahui perbedaan konsentrasi gas CO antara pra treatment dan pasca treatment. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan konsentrasi gas CO yang bermakna antara sebe-lum dan sesudah penanaman tanaman Sansevieria Trifasciata (p=0,009).


Keywords


Sansevieria trifasciata; Carbon monoxide; Jalan raya

Full Text:

PDF

References


Chen C. F. 2015. A Preliminary study on carbon sequestration potential of different green roof plants, Internatio-nal Journal of Research Studies in Biosciences (IJRS), May; 3 (5): hal. 121-129.

Departemen Pertanian, 2007. Standar Operasional Prosedur (SOP) Sanse-vieria trifasciata “Lorentii”, Direktorat Budidaya Tanaman Hias.

Dharminto, dkk., 2013. Pemanfaatan Sansevieria Tanaman Hias Penyerap Polutan Sebagai Upaya Mengurangi Pencemaran Udara Di Kota Semarang, Jurnal Ilmiah Mahasiswa, April; 3 (1): hal. 1 – 6.

Plog, B. A. dan Quinlan P. J., 2002. Fundamentals of Industrial Hygiene, National Safety Council, USA.

Ratni, N. dan Adita B. R., 2013. Ting-kat kemampuan penyerapan tanaman hias dalam menurunkan polutan kar-bon monoksida, Jurnal Ilmiah Teknik Lingkungan, 4(1).

Sunarto, 2002. Pengaruh karbon mo-noksida (CO) udara terhadap status kesehatan polisi yang bertugas di ja-lan raya Yogyakarta, Jurnal Biosmart, 4(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.29238/sanitasi.v9i2.42

Article Metrics

Abstract view : 100 times
PDF - 28 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Sanitasi: Jurnal Kesehatan Lingkungan indexed by:
 

 

 

 

View My Stats
 Creative Commons License
Sanitasi: Jurnal Kesehehatan Lingkungan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.