EVALUASI KONDISI SARANA SANITASI YANG DISEDIAKAN DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA DAN TINGKAT KEPUASAN WISATAWAN PANTAI DEPOK, BANTUL, YOGYAKARTA, TAHUN 2016

Layly Aslinda Saraswati, Indah Werdiningsih, Purwanto Purwanto

Abstract


Derajat kesehatan manusia dapat dipengaruhi oleh faktor lingkungan dan manusia itu sendiri. Upaya kesehatan lingkungan ditujukan untuk mewujudkan kualitas lingkungan yang sehat me-lalui penerapan sanitasi tempat-tempat umum, salah satunya sanitasi tempat wisata. Berdasar-kan uji pendahuluan diketahui ada permasalahan kondisi sarana sanitasi dan tingkat kepuasan wisatawan di Pantai Depok Bantul. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kondisi sarana-sarana sanitasi yang disediakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata di pantai tersebut dan tingkat kepuasan wisatawan. Penelitian ini menggunakan metoda survei dengan desain cross sectional yang hasilnya dianalisis secara deskriptif. Ada 100 orang wisatawan yang dipilih menjadi respon-den, sementara instrumen yang digunakan adalah kuesioner inspeksi sanitasi yang menyatakan sarana sanitasi memenuhi kriteria laik sehat jika memperoleh nilai minimal 650 dari nilai masimal 1000. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi sarana sanitasi di Pantai Depok Bantul di-nyatakan “laik sehat” dengan nilai 675, sementara untuk tingkat kepuasan wisatawan diketahui yang sangat puas sebanyak 1 responden (1 %); puas, sebanyak 8 responden (8 %), cukup pu-as, sebanyak 51 responden (51 %); tidak puas, sebanyak 40 responden (40 %); dan tidak ada yang sangat tidak puas. Kondisi sarana sanitasi yang laik sehat akan meningkatkan kepuasan wisatawan yang berkunjunga ke pantai tersebut.


Full Text:

FULL TEXT PDF

References


Undang-undang Republik Indonesia Nomor 36 tentang Kesehatan, 2009. Depkes RI, Jakarta.

Suparlan., 2012. Pengantar Peng-awasan Hygiene-Sanitasi Tempat-Tempat Umum Wisata & Usaha-U-saha untuk Umum, Percetakan Dua-tujuh, Surabaya.

Gunawan, dkk., 2003. Pedoman Pe-laksanaan Pengawasan Sanitasi Tempat-Tempat Umum Propinsi Da-erah Istimewa Yogyakarta, Dinkes Provinsi DIY, Yogyakarta.

Disbudpar Kabupaten Bantul, 2015. Data Pokok Pembangunan Sumber Daya Alam Obyek Wisata (diunduh 27 November 2015 di http://bantul-kab.go.id/datapokok/0702_obyek_wisata.html).

Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 416 Tentang Syarat-Syarat dan Pe-ngawasan Kualitas Air, 1990. Dep-kes R.I., Jakarta.

Departemen Kesehatan R.I., 1999. Kumpulan Formulir Pemeriksaan Ke-sehatan Lingkungan (Inspeksi Sani-tasi) Bidang Penyehatan Tempat-Tempat Umum, Depkes RI, Jakarta.

Chandra, B., 2006. Pengantar Kese-hatan Lingkungan, Penerbit Buku Kedokteran EGC, Jakarta.

Keputusan Menteri Negara Ling-kungan Hidup Nomor 112 Tentang Baku Mutu Limbah Air Domestik, 2003. KemenLH, Jakarta.

Angeline, Y. L. dkk., 2012. Hubungan kondisi sanitasi dasar dengan ke-luhan kesehatan diare serta kualitas air pada pengguna air Sungai Deli di Kelurahan Sukaraja Kecamatan Me-dan Maimun tahun 2012, Jurnal Ke-sehatan, Program Sarjana FKM USU Departemen Kesehatan Lingkungan (diunduh 15 Juni 2016 di http://re-pository. usu.ac.id/ bitstream/12345-6789/39013/ 7/Cover.pdf).

Hidayat, dkk. 2010. Studi Kondisi Sanitasi Lingkungan dan Kejadian Diare di Kelurahan Takalar Keca-matan Mappakasunggu Kabupaten Takalar, Fakultas Kesehatan Masya-rakat Universitas Veteran Republik Indonesia.

Junias, M. dan Eliaser, B., 2008. Hu-bungan antara pembuangan sampah dengan kejadian diare pada pen-duduk di Kelurahan Oesapa Keca-matan Kelapa Lima Kota Kupang, Jurnal Kesehatan MKM, 3 (2), Fa-kultas Kesehatan Masyarakat Unda-yana, Kupang.

Pribadi, D., 2014. Hubungan antara Tingkat Pengetahuan Pengelola de-ngan Keadaan Sanitasi Toilet Umum di Pantai Depok Bantul. Karya Tulis Ilmiah tidak diterbitkan, Jurusan Ke-sehatan Lingkungan Poltekkes Ke-menkes Yogyakarta.

Tjiptono, F. dan Diana, A., 2015. Pe-langgan Puas? Tak Cukup!, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Rohmad, N., 2014. Hubungan Kon-disi Sarana Sanitasi Wisata (Sarsan-ta) dengan Tingkat Kepuasan Wisa-tawan Kawasan Wisata Waduk Ga-jah Mungkur Kabupaten Wonogiri Karya Tulis Ilmiah tidak diterbitkan, Jurusan Kesehatan Lingkungan Pol-tekkes Kemenkes, Yogyakarta.

Nugrahaningsih, D., 2013. Hubungan antara Kondisi Sanitasi Masjid deng-an Kepuasan Jamaah Masjid di Wila-yah Kerja Puskesmas Playen II Ka-bupaten Gunungkidul Tahun 2013, Karya Tulis Ilmiah tidak diterbitkan, Jurusan Kesehatan Lingkungan Pol-tekkes Kemenkes, Yogyakarta..

Nugraheni, D., 2012. Hubungan kon-disi fasilitas sanitasi dasar dan per-sonal hygiene dengan kejadian diare di Kecamatan Semarang Utara Kota Semarang, Jurnal Kesehatan Masya-rakat, 1 (2); hal. 922-933 (diunduh 15 Juni 2016 di http://download.por-talgaruda.org/article.php?article=73840&val=4700).

Prasetya, E., 2009. Gambaran sara-na sanitasi kesehatan lingkungan di wilayah kerja Puskesmas Limboto ta-hun 2009, Jurnal Health & Sport, 3 (1): Agustus 2011, Fakultas Ilmu Ke-sehatan dan Keolahragaan, Univer-sitas Negeri Gorontalo.




DOI: http://dx.doi.org/10.29238/sanitasi.v8i2.3

Article Metrics

Abstract view : 539 times
FULL TEXT PDF - 1283 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Sanitasi: Jurnal Kesehatan Lingkungan indexed by:
 

 

 

 

View My Stats
 Creative Commons License
Sanitasi: Jurnal Kesehehatan Lingkungan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.