Faktor-faktor Keberhasilan Implementasi Sedekah Sampah di RW 1 Kelurahan Peterongan, Kota Semarang

Dwi Endah, Heru Subaris Kasjono

Abstract


Semakin tinggi aktifitas manusia, semakin meningkatkan sampah yang dihasilkan. Diperlukan upaya dalam pengelolaan sampah yang tidak menimbulkan pencemaran lingkungan, mudah dilakukan dimasyarakat dan mendatangkan manfaat. Sedekah Sampah merupakan salah satu alternative pengelolaan sampah yang dilakukan di wilayah RW 1 Peterongan melalui pendampingan dari Cita Sehat Foundation (CSF) cabang Semarang. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui faktor keberhasilan dan pengetahuan, sikap serta perilaku pengelolaan sampah yang ada di masyarakat. Metode yang digunakan kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 70 orang yang merupakan masyarakat yang ada di wilayah RW 1 Kelurahan Peterongan. Penelitian ini dilaksanakan bulan Juni 2014 di lokasi implementasi sedekah sampah RW 1 Kelurahan Peterongan. Hasil penelitian sebagian besar mengelola sampah hanya dengan sistem sedekah sampah (60%), tetapi dari sisa persentase terlihat 100% sebagai partisipan sedekah sampah. Nilai pengetahuan 100% baik, dengan 100% memiliki sikap yang baik. Faktor yang mempengaruhi pelaksanaan sedekah sampah 96% dikarenakan merasakan manfaat, 20% agar lingkungan bersih dan alas an kemudahan (17%). Alasan kemanfaatan sedekah sampah mendatangkan pahala kebaikan dan hasilnya digunakan untuk kepentingan dan kemajuan bersama. 


Keywords


Sedekah Sampah; Pemberdayaan; CSF;

Full Text:

PDF

References


Azwar, Azrul (1990) Pengantar Ilmu Kesehatan Lingkungan. Mutiara Sumber Widya. Jakarta

Kasdjono H.S. Kurniasih DE. Pedo-man Pengelolaan Sampah dengan Sedekah Sampah. Yogyakarta

Lalonde, M., A. (1974) New Per-spectives on the Health of Cana-dians. A Working Document. Ottawa : Information Canada

Republik Indonesia. Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pe-ngelolaan Sampah

Yadnya, I., Gede Putu (2005) Peran Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah di Kota Denpasar. Tesis pa-da Program Pasca Sarjana Studi Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana. Denpasar




DOI: http://dx.doi.org/10.29238/sanitasi.v9i1.25

Article Metrics

Abstract view : 140 times
PDF - 85 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Sanitasi: Jurnal Kesehatan Lingkungan indexed by:
 

 

 

 

View My Stats
 Creative Commons License
Sanitasi: Jurnal Kesehehatan Lingkungan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.