PENGARUH AKTIVASI FISIK ZEOLIT ALAM SEBAGAI ADSORBEN DALAM PROSES ADSORPSI MINYAK JELANTAH

Paramita Dwi Sukmawati

Abstract


 Minyak jelantah jika dikonsumsi akan menimbulkan penyakit bagi manusia, sedangkan apabila dibuang ke lingkungan akan dapat mencemari lingkungan sekitar. Supaya minyak jelantah bisa digunakan kembali, perlu dilakukan proses penjernihan minyak jelantah dengan cara adsorpsi Salah satu faktor yang mempengaruhi besar kecilnya adsorbsi adalah luas pemukaan adsorben. Sehingga perlu dilakukan aktivasi terhadap adsorben untuk meningkatkan luas permukaan.  Penelitian ini bertujuan untuk mencari kondisi suhu dan waktu optimum dalam proses aktivasi zeolit alam secara fisik. Proses aktivasi fisik meliputi penggerusan zeolit alam menggunakan gilingan porselin dan mengayaknya supaya ukurannya sama 100 mesh. Kemudian memanaskan di dalam furnace dengan variabel suhu pemanasan ±200, 300, 400, 500 dan ±600 oC sedangkan variabel waktu pemanasan adalah 90,135,180,225 dan 270 menit, kemudian mendinginkan di dalam desikator. Setelah itu melakukan uji adsorpsi pada minyak jelantah dengan menggunakan zeolit alam yang sudah diaktivasi untuk mengetahui kondisi suhu dan waktu pemanasan aktivasi fisik yang optimal. Kondisi optimum yang diperoleh dalam penelitian ini adalah pada suhu pemanasan ±400oC dan waktu pemanasan 225 menit dengan nilai angka asam lemak bebas 0,8138% dan nilai angka penyabunan 180,589 mgKOH/gr.


Full Text:

PDF

References


Sukmawati, P.S., 2014. Alkoholisis Minyak Jelantah Menjadi Biodiesel Dengan Katalis Zeolit Zirkonia Tersulfatasi, Karya Tulis Ilmiah tidak diterbitkan, Jurusan Teknik Kimia Fakultas Pascasarjana UGM, Yogyakarta.

Ketaren, S., 1986., Pengantar Teknologi Minyak dan Lemak Pangan, UI-Press, Jakarta.

Sugiarti dan Amiruddin, Z.S., 2008. Pengaruh Jenis Aktivasi Terhadap Kapasitas Adsorpsi Zeolit pda Ion Kromium (VI), Jurnal Chemical Vol. 9 No. 2: hal 20-25.

Lestari, D.Y., 2010, Kajian Modifikasi dan Karakterisasi Zeolit Alam Dari Berbagai Negara, Prosiding Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia UNY.

Senda, S.P., Saputra, H., Sholeh, A., Rosjidi, M., dan Mustafa, A., 2006, Prospek Aplikasi Produk Berbasis Zeolit Untuk Slow Release Substance (SRS) dan Membran, Artikel Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi Indonesia, ISSN 1410-9891 : hal. 1-5

Khairinal, Trisunaryanti,W., 2000, Dealuminasi Zeolit Alam Wonosari dengan Perlakuan asam dan Proses Hidrotermal, Prosiding Seminar Nasional Kimia VIII, Yogyakarta.

Srihapsari, D., 2006. Penggunaan Zeolit Alam Yang Telah Diaktivasi Dengan Larutan HCl Untuk Menjerap Logam-Logam Penyebab Kesadahan Air, Karya Tulis Ilmiah tidak diterbitkan, Tugas Akhir II Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang.

www. Keison.co.ul. diakses pada tanggal 27 September 2017




DOI: http://dx.doi.org/10.29238/sanitasi.v8i4.24

Article Metrics

Abstract view : 259 times
PDF - 865 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Sanitasi: Jurnal Kesehatan Lingkungan indexed by:
 

 

 
  

 

View My Stats
 Creative Commons License
Sanitasi: Jurnal Kesehehatan Lingkungan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.