EGG TRAY DAUN SALAM (Eugenia polyantha)

Isna Bekti Pertiwi, Muryoto Muryoto, Rizki Amalia

Abstract


Telur ayam ras merupakan salah satu makanan yang bergizi tinggi dengan rasa yang enak dan harga relatif murah serta dapat diolah menjadi berbagai macam produk makanan. Namun, telur ayam ras mentah memiliki sifat mudah menurun kualitasnya dan mudah rusak karena lama wak-tu simpan telur yang relatif pendek. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui pe-ngaruh penggunaan baki telur daun salam (Eugenia polyantha) terhadap lama waktu simpan telur ayam ras mentah yang dicuci dan tidak dicuci, dan secara khusus bertujuan untuk menge-tahui pengaruh perbandingan komposisi 0 %, 20 % dan 40 % dari daun salam yang digunakan. Penelitian yang dilakukan adalah true experiment dengan rancangan post test only with control group. Sebagai kontrol adalah baki telur yang biasa dijumpai di pasaran. Di setiap baki telur, pa-da suhu kamar diletakkan masing-masing 10 butir telur yang tidak dicuci dan 10 butir telur yang dicuci sebelumnya. Pengamatan lama waktu simpan telur dilakukan selama dua puluh tujuh hari dengan melihat perubahan kondisi telur-telur tersebut. Data dianalisis menggunakan uji Anova satu jalan pada α 0,05; dan hasilnya menunjukkan bahwa baki telur dengan komposisi daun salam 40 % adalah yang paling efektif dalam memperpanjang lama waktu simpan telur ayam ras mentah yang dicuci. Nilai mean difference yan dihasilkan adalah 14.00000 dan nilai p lebih kecil dari 0,001.


Full Text:

PDF

References


Lestari, R., 2012. Pengaruh Penga-wetan Telur dengan Menggunakan Daun Jambu Biji, Skripsi, Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor, Bogor

Solopos, 2014. Tingkat Konsumsi Telur Ayam di Indonesia dan Yogya-karta (www.solopos.com/2014/11/2-8/Konsumsi-ayam-dan-telur-di-diy, diakses 1 Febuari 2016)

Rasyaf, M. 2007. Pengelolaan Pro-duksi Telur, Edisi kedua, Kanisius, Yogyakarta.

Badan Standar Nasional (BSN), 2008. SNI 3926 : 2008. Telur Ayam Konsumsi, BSN, Jakarta.

Kuswadi, M., Iravati. R., Rahayu, D. T., dan Setyaningsih, A., 2010. Daya antibakteri minyak atsiri Adas Manis terhadap bakteri yang resisten anti-biotik, Jurnal Farmasi, 1 (2): hal. 5-11

Thriyadi, 2013. Klasifikasi Daun Sa-lam (Eugenia polyantha) (http://thr-yadi.blogspot.co.id/2013/12/klasifikasi-deskripsi-dan-khasiatdaun.html, di- akses 3 Febuari 2016).

Fitria, A., 2007. Pengaruh Penamba-han Daun Salam terhadap Kualitas Mikrobiologis Telur Asin, Skripsi. Uni-versitas Sebelas Maret, Surakarta

Budiman, C., dan Rukmiasih, 2007. Karakteristik putih telur tik Tegal, Jur-nal Seminar Nasional Teknologi Pe-ternakan dan Veteriner. Fakultas Pe-ternakan Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Notoatmojo S., 2010. Metodologi Pe-nelitian Kesehatan, Rineka Cipta, Ja-karta

Monira, K. N., Salahudin, M. dan Mi-ah, G., 2010. Effect of breed and hol-ding period on egg quality charac-teristics of chicken, International Jo-urnal of Poultry Science, 2 (4): hal. 261-263.

Kusumaningrum, G. S., Setyaning-sih. R., dan Suranto, 2013. Aktivitas penghambat minyak atsiri dan eks-trak kasar biji pala terhadap partum-buhan bakteri Xanthomonas Com-pestris Oammel asal tanaman broko-li, Jurnal Biofarmasi, 1 (1): hal.20-24.

Hidayati, E., Juli, N., dan Marwati, E., 2012. Isolasi Enterobacteriaceae pa-togen dari makanan berbumbu dan tidak berbumbu kunyit serta uji eks-trak kunyit terhadap pertumbuhan bakteri isolasi, Jurnal Matematika dan Sains, 7 (2): hal. 43-52.

Ardiansyah, 2005. Daun Belutas se-bagai bahan antibakteri dan antioksi-dan (http//www.beritaiptek.com/zbe-rita-beritaiptek-2005-05-31-daunbelu-tas-sebagai-bahan-antibakteri-dan-antioksidan.shtml, diakses 1 Febuari 2016).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
 

 
 

 

 

 

View My Stats

 

Creative Commons License
Sanitasi: Jurnal Kesehehatan Lingkungan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.