PENGGUNAAN TEMPAT SAMPAH BERMOTIF TERHADAP PERILAKU BUANG SAMPAH PADA TEMPATNYA DI SEKOLAH DASAR NEGERI WILAYAH ARGOMULYO, SEDAYU, BANTUL

Rashid Purnomo, Lucky Herawati, Choirul Amri

Abstract


Sampah adalah sesuatu yang tidak digunakan lagi, tidak disenangi atau dibuang yang berasal dari kegiatan manusia dan tidak terjadi dengan sendirinya. Di lokasi penelitian, yaitu SDN Panggang dan SDN Puluhan yang berada di Argomulyo, Sedayu, Kabupaten Bantul, sudah tersedia tempat sampah untuk memilah yang sudah bertuliskan jenis sampah yang dapat di-buang di situ, akan tetapi petunjuknya sulit dipahami oleh para siswa. Pada penelitian ini, tem-pat sampah bermotif diterapkan untuk mempermudah siswa dalam membuang sampah sesuai dengan jenisnya, yaitu sampah kertas, sampah plastik dan botol serta sampah dedaunan dan sisa makanan. Tempat sampah bermotif yang digunakan memanfaatkan yang sudah ada di lo-kasi penelitian tapi dirubah tampilannya tanpa mengurangi fungsinya. Jenis penelitian yang di-lakukan adalah eksperimen dengan desain post-test only control group. SDN Panggang dite-tapkan menjadi kelompok perlakuan dan SDN Puluhan sebagai kontrol. Data sampah yang di-buang secara tepat pada tempatnya, diamati setiap hari setelah jam sekolah selama satu bu-lan. Rerata hasil pengamatan kemudian dianalisis dengan menggunakan t-test bebas pada α = 0,05; dan hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan tempat sampah bermotif mempengaruhi perilaku siswa untuk membuang sampah pada tempat yang sesuai. Hasil tersebut terjadi kare-na petunjuk pada tempat sampah bermotif mudah dipahami dan gambarnya menarik.


Full Text:

PDF

References


Chandra, B., 2006. Pengantar Kese-hatan Lingkungan, EGC, Jakarta.

Undang-undang No. 18 tentang Pe-ngelolaan Sampah, 2008. Jakarta.

Badan Pusat Statistik, 2010. Sensus Penduduk (http://www.bps.go.id, di-akses 10 February 2015).

Keputusan Menteri Kesehatan No 882/Menkes/SK/IX tentang Strategi Nasional Total Berbasis Masyarakat, 2008. Jakarta.

Sucipto, C., 2012. Teknologi Pengo-lahan Daur Ulang Sampah, Gosyen Publishing, Yogyakarta.

Mulyadi, S., 2004). Bermain dan Kre-ativitas, Papas Sinar Sinanti, Jakarta.

Hidayati, N., Sudaryanto, S. & Isti-qomah, S. H., 2014. Penggunaan permainan “ular tangga sehat” seba-gai media pembelajaran untuk me-ningkatkan pengetahuan cuci tangan pakai sabun siswa SD Negeri di Ku-toarjo Purworejo, Sanitasi Jurnal Ke-sehatan Lingkungan, 6 (2): hal. 80-86.

Gusti, A., Isyandi, B., Bahri, S., & A-fandi, D., 2015. Hubungan pengeta-huan, sikap dan intensi perilaku pe-ngelolaan sampah berkelanjutan pa-da siswa sekolah dasar di Kota Pa-dang, Jurnal Dinamika Lingkungan Indonesia, 2 (2): hal. 100-107.

Handayani, W., Narto., & Hendrarini, L., 2015. Perbedaan metoda penyu-luhan dengan menggunakan leaflet dan video dalam merubah penge-tahuan sikap dan perilaku siswa SD mengenai pemilihan makanan jajan-an, Sanitasi Jurnal Kesehatan Ling-kungan, 7 (1): hal. 44-50.

Dewi, S. P., Herawati. L., & Ganefati, S. P., 2014. Pengaruh penyuluhan dengan metoda demonstrasi terha-dap peningkatan pengetahuan dan tindakan pengelolaan sampah ibu-ibu di Desa Cetan, Kecamatan Ce-per, Kabupatan Klaten tahun 2014, Sanitasi Jurnal Kesehatan Lingkung-an, 6 (3): hal. 120-126.

Notoatmojo, S., 2007. Promosi Kese-hatan dan Ilmu Perilaku, Rineka Cip-ta, Jakarta.

Asra & Sumiati, 2008. Metode Pem-belajaran, CV Wacana Prima, Ban-dung.

Raharjo, A. S. & Indarjo, S., 2014. Hubungan antara pengetahuan, si-kap, dan ketersediaan fasilitas di se-kolah dalam penerapan PHBS mem-buang sampah pada tempatnya, Un-nes Journal of Public Health, 3 (1): hal. 1-10.

Setyosari, P., & Sihkabuden, 2005. Media Pembelajaran Elang Mas, Ma-lang

Arsyad, A., 2000. Media Pengajaran, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Junaidi, 2015. Peranan Gambar pa-da Tempat Sampah dan Frekuensi Membuang Sampah di SDN Tahun-an Kecamatan Umbulharjo Yogya-karta Tahun 2015. Karya Tulis lmiah tidak diterbitkan, Jurusan Kesehatan Lingkungan Politeknik Kesehatan Kemenkes, Yogyakarta.

Notoatmojo, S., 2003. Metodologi Penelitian Kesehatan, Rineka Cipta Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Sanitasi: Jurnal Kesehatan Lingkungan indexed by:
 

 

 

 

View My Stats
 Creative Commons License
Sanitasi: Jurnal Kesehehatan Lingkungan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.